PILIHAN
GANDA KOMPLEKS
Cermatilah teks debat yang bertema kebudayaan berikut!
Kebudayaan Indonesia
adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal maupun kebudayaan asing
yang telah ada di Indonesia sejak dahulu. Kebudayaan bangsa Indonesia sekarang
mulai luntur dari masyarakat, khususnya para pemuda yang lebih condong dan
senang meniru budaya-budaya asing. Terkadang budaya asing yang masuk tanpa
disaring untuk dipilih terlebih dahulu, namun langsung menerima dan meniru
tanpa dipikirkan ulang. Sehingga masyarakat kita meniru budaya barat yang
bertentangan dengan budaya asli Indonesia, yang terkenal akan sopan santunnya.
Misalnya, lihat saja model pakaian dari budaya barat yang masuk dan ditiru anak
muda masa kini dengan pakaian seksi.
- Berdasarkan informasi
tersebut, alasan menghadirkan narasumber ialah …
- Acara debat menghadirkan narasumber dengan
pendapat yang berbeda karena acara debat membutuhkan orang yang memberikan
informasi tentang kebudayaan lebih dari kedua sisi sebuah mosi.
- Apabila argumen tentang kebudayaan yang
disampaikan oleh tim-tim debat melenceng dari mosi, narasumber akan
meluruskan dan menambahkan apabila ada kekurangan informasi pada kedua
tim.
- Yang disampaikan narasumber tentang kebudayaan
Indonesia yang sudah mulai luntur karena para pemudanya lebih condong dan
senang meniru budaya-budaya asing memang sesuai dengan kenyataan.
- Narasumber harus menegaskan bahwa bukan kebudayaan
asing yang keliru, tetapi orang Indonesia yang tidak menghargai kebudayaan
sendiri.
- Narasumber mencontohkan budaya berpakaian yang
sudah modern dan memicu penyampaian pendapat dari tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral.
KUNCI : A,B,C
PILIHAN GANDA KOMPLEKS
Cermatilah kalimat
berikut!
(1) Dalam
kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya menyampaikan pendapat.
(2) Saya
rasa semua setuju terhadap pendapat yang akan saya utarakan.
(3) Saya
kurang setuju dengan dengan pendapat penyaji tadi karena tidak didukung oleh
alasan atau fakta yang logis.
(4) Saya
tidak akan kecewa jika usul saya tidak diterima karena ini hanya usul. Jadi mohon dipertimbangkan kembali.
(5) Saudara
moderator, harap opini saya diterima karena mengandung kebenaran yang tidak
dapat dibantah.
- Kalimat
yang tepat untuk menyampaikan pendapat ketika berdebat ialah …
(boleh
memilih lebih dari satu jawaban)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
KUNCI:
A
ISIAN SINGKAT
Cermatilah
argumen berikut!
Kami
tidak menyetujui dengan adanya talkshow
kadang menjadi adegan berdebat yang sering melenceng dari bahan pembincangan.
Belum lagi, para peserta talkshow yang
bersikeras dengan pendapatnya masing-masing dan tidak mau menghargai pendapat
peserta lainnya. Hal ini mengajarkan sesuatu yang tidak baik karena penonton
diberi tontonan yang tidak saling menghargai.
3. Siapa
yang menyampaikan argumen tersebut?
KUNCI:
tim oposisi
PILIHAN GANDA
Cermatilah
teks berikut!
Moderator : Baiklah mosi kita pada pagi ini adalah
“Talkshow melatih berpikir kritis dan melatih
menghargai orang lain”
Dapat dimulai dari tim
afirmasi dulu. …………….
Tim Afirmasi: Terima kasih atas kesempatan
ini. Saya dari tim afirmasi akan memberikan Pendapat mengenai mosi yang disampaikan Saudara moderator.
4.
Salah
satu cara moderator untuk meminta anggota debat menyampaikan pendapat adalah
dengan kalimat …
A.
Maaf,
pertanyaan langsung ke pokok permasalahan
B.
Adakah
yang memiliki pendapat lain?
C.
Maaf
agar pertanyaan dipersingkat.
D.
Bagaimana
menurut Anda?
E.
Mohon
lebih menyingkat waktu.
KUNCI
: D
MEMASANGKAN/MENJODOHKAN
Cermatilah pernyataan
berikut!
Debat merupakan
kegiatan beradu argumen guna mempertahankan opini. Dalam menyampaikan argument,
Anda harus tetap menggunakan etika dan norma dalam berdebat. Walaupun pendapat
Anda sangat bertentangan dengan pihak lawan, Anda tetap harus menghargai
argumentasi dan pendapat lawan. Hal demikian juga harus diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari. Meskipun memiliki perbedaan dengan teman, Anda harus
tetap berteman dengan baik dan menghargai teman.
|
Sikap dalam berdebat |
Benar |
Salah |
|
1.
menggunakan etika 2.
mengikuti norma 3.
menghargai argumentasi lawan 4.
tetap harus bersikap baik meskipun
berbeda pendapat 5.
jika pendapat benar, akan
mempertahankan dengan segala cara |
|
|
5. Jawablah dengan mencentang ‘benar’ bila
menurut Anda benar dan mencentang ‘salah’ bila menurut Anda salah!
Kunci :
1 benar
2 benar
3 benar
4 benar
5 salah
URAIAN
PANJANG
Cermatilah
teks berikut!
Pengertian debat jika
diartikan secara umum, maka dapat diartikan sebagai strategi dalam adu pendapat
agar pendapat atau argumen yang kita miliki tidak dipatahkan oleh lawan. Bisa
juga debat diartikan sebagai mengajukan usul dan mempertahankan usulan tersebut
agar tetap digunakan oleh pihak-pihak tertentu.
Pengertian debat
sebenarnya memiliki banyak sekali perspektif. Bahkan ada pendapat dari para
ahli yang mengartikan debat secara beragam. Salah satunya pendapat Wusu Hendrikus
yang mengatakan bahwa debat adalah adu argumenasi. Adu bisa dilakukan secara
individu ataupun kelompok. Tujuan dari depat itu sendiri mencapai sebuah
kemenangan satu pihak.
Barangkali ada di antara kamu yang
masih bingung dengan bentuk debat maka di bab sebelumnya kita sudah mempelajari
secara singkat tentang pengertian debat, fungsi, tujuannya, dan ciri-ciri debat
yang wajib kamu tahu juga.
6. Dari
informasi di atas, jelaskan ciri-ciri debat!
KUNCI
:
Ciri-ciri
debat:
1)
terdapat dua sudut
pandang (afirmatif dan opositif)
2)
terdapat proses saling
mempertahankan pendapat antara kedua belah pihak
3)
terdapat adu argumen
dengan tujuan memperoleh kemenangan
4)
hasil debat diperoleh
melalui voting dan keputusan juri
5)
adanya sesi tanya jawab
yang bertujuan untuk menjatuhkan pihak lawan
6)
adanya pihak penengah,
yaitu moderator
PILIHAN GANDA KOMPLEKS
Cermatilah penggalan makalah berikut!
Upaya Meningkatkan Minat Baca di kalangan Remaja
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Membaca adalah suatu
cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis oleh seseorang. Semakin banyak membaca, semakin banyak
pula informasi yang kita dapatkan, walaupun terkadang informasi itu kita dapatkan secara tidak langsung. Banyak orang
mengatakan bahwa buku merupakan Gudang
Ilmu. Mengapa demikian? Karena buku itu sendiri dapat membuka wawasan yang
sangat luas. Tidak hanya
informasi yang ada dalam negeri,
melainkan informasi tentang
dunia, bahkan alam semesta.
Namun sangat
disayangkan, pada zaman modern sekarang ini , jarang kita temukan remaja yang
gemar membaca. Kebanyakan dari mereka lebih memilih
untuk bermain game, pergi ke warnet untuk bermain social media, nongkrong bersama
teman-teman, atau sekedar jalan-jalan yang tidak berguna bersama teman keluar rumah. Tapi, masih ada juga
sebagian dari mereka yang menanamkan sikap gemar membaca, salah satu contohnya membaca buku novel. Itu tak
menjadi masalah. Selagi mereka masih dapat
memanfaatkan waktu luang dengan mengisi hal-hal yang bermanfaat, seperti
membaca atau belajar.
Namun pada kenyataannya, minat baca remaja
sekarang ini sangatlah
rendah. Banyak sekali
faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca
remaja. Salah satunya adalah karena semakin berkembangnya teknologi. Untuk itu, perlu dilakukan
berbagai cara dalam menanggulangi masalah ini. Hal ini dapat dilakukan
melalui lingkungan sekolah
maupun oleh pelajar
itu sendiri.
- Perumusan
masalah yang tepat ialah …
(Boleh
memilih lebih dari satu jawaban)
1)
Apa tujuan meningkatkan minat baca di kalangan remaja
di zaman sekarang?
2)
Apa saja faktor
yang mempengaruhi menurunnya minat baca di kalangan pelajar?
3)
Bagaimana cara meningkatkan minat
baca di kalangan pelajar?
4) Menjelaskan tujuan meningkatkan minat
baca di kalangan pelajar.
5) Mendeskripsikan faktor penyebab menurunnya minat baca di kalangan pelajar.
KUNCI
: A., B., C.
PILIHAN GANDA
Cermatilah ilustrasi berikut!
Rumusan Masalah
: Minat Beli Telepon Pintar (Smartphone) yang Tinggi di Kalangan
Remaja
1)
Apa faktor-faktor yang menyebabkan
munculnya minat beli telepon pintar
(smartphone) yang tinggi?
2)
Apa akibat yang ditimbulkan dari
kepemilikan telepon pintar (smartphone) pada remaja?
3)
Apa dampaknya di bidang ekonomi?
4)
Bagaimana solusi untuk menstabilkan
minat beli smartphone di kalangan remaja?
5)
Berapa harga smartphone yang dapat
terjangkau remaja?
8. Berdasarkan
masalah tersebut, judul makalah yang tidak sesuai ialah …
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
KUNCI: E
ISIAN SINGKAT
Cermatilah kutipan makalahberikut!
Menurut Ibnu
(2002:19)”bahan rujukan yang dimasukkan dalam daftar rujukan hanya yang benar-benar dirujuk dalam tubuh
artikel dan sebaliknya semua rujukan yang telah disebutkan dalam tubuh artikel
harus tercatat di dalam daftar rujukan”.
9. Disajikan
kutipan makalah, apakah penulisan kutipan di atas sudah tepat?
KUNCI : Tepat
URAIAN
PANJANG
Cermatilah data sumber rujukan
berikut!
1) Penerbit :
Pustaka Jaya , Jakarta
Tahun
terbit : 2001
Pengarang : Ismail Marahimin
Judul
buku : Menulis secara Populer
2) Link : https://www.cekaja.com/info/contoh-rumusan-masalah-makalah-skripsi-dan-penelitian
Penulis : Vera
Khairifah pada December
20, 2019
Judul artikel : Contoh Rumusan Masalah Makalah, Skripsi, dan
Penelitian Lainnya
Diunduh : 13 November 2021
10. Disajikan
dua data sumber rujukan buku dan internet, susunlah daftar pustaka dari dua data tersebut!
KUNCI:
1) Marahaimin,
Ismail. 2001, Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya .
3) Khairifah, Vera. 2019. “Contoh Rumusan Masalah Makalah, Skripsi, dan
Penelitian Lainnya”. https://www.cekaja.com/info/contoh-rumusan-masalah-makalah-skripsi-dan-penelitian.
(diunduh 13 November 2021)
MEMASANGKAN/MENJODOHKAN
Cermatilah informasi
berikut!
Cara
Membuat Rumusan Masalah yang Baik
Sebelum kamu membaca
contoh rumusan masalah dari berbagai karya tulis, ketahui terlebih dahulu cara
membuat rumusan masalah. Berikut ini adalah tips membuat rumusan masalah agar
tetap sesuai dengan isi karya tulis.
1. Gunakan pertanyaan terbuka
Jangan membuat rumusan
masalah yang dapat dijawab dengan ‘ya’ dan ‘tidak’. Akan lebih baik jika kamu
membuat pertanyaan ‘Bagaimana dampak teknologi terhadap pertumbuhan siswa?’.
Kalimat tanya tersebut dapat dijabarkan pada bagian pembahasan. Namun, jika
rumusan masalahmu ‘Apakah teknologi memberikan dampak bagi anak?’ jawabannya
hanya ‘ya’ atau ‘tidak’.
2. Buat pertanyaan sesuai tema
Sangat penting
memahami tema karya tulis yang sedang kamu buat. Hal tersebut menentukan
pertanyaan yang akan diajukan. Jika karya tulismu bertema pendidikan, rumusan
masalah yang perlu ditanyakan juga terkait pendidikan. Hindari memilih rumusan
masalah yang jauh dari tema agar pembahasan karya tulis dapat lebih spesifik.
3. Hindari banyak pertanyaan yang serupa
Jika kamu memiliki
karya tulis yang mengandung banyak poin pembahasan, ringkaslah rumusan masalah
menjadi beberapa poin saja. Kamu tidak perlu menanyakan hal yang detail
berulang kali jika pertanyaan dapat dibuat lebih padat dan jelas.
Dibandingkan membuat rumusan masalah dengan kalimat ‘bagaimana dampak membuang
sampah bungkus makanan ke lingkungan?’, ‘bagaimana dampak membuang sampah
plastik ke lingkungan?’, kamu bisa membuat rumusan masalah dengan kalimat
‘Bagaimana dampak membuang sampah yang tidak dapat didaur ulang ke
lingkungan?’. Lebih efektif, bukan?
Prinsip pembuatan rumusan masalah tersebut bisa kamu terapkan di berbagai
situasi dan kondisi. Sekarang saatnya kamu mencari referensi rumusan masalah
yang cocok untuk jenis karyamu.
11. Setelah
membaca informasi tersebut, pasangkan tema dan rumusan masalah berikut!
|
Tema |
Rumusan Masalah |
|
1. Kurangnya
minat baca di kalangan siswa |
A. Bagaimana
cara melindungi perokok pasif? |
|
2. Perlindungan
terhadap perokok pasif |
B. Mengapa
internet dapat dimanfaatkan dalam
pembelajaran? |
|
3. Menumbuhkan
kesadaran hidup bersih |
C. Mengapa
minat baca di kalangan siswa SMA Negeri 3 Sampang perlu ditingkatkan? |
|
4. Pemanfaatan
internet dalam pembelajaran |
D. Mengapa
perlu mananamkan pentingnya pendidikan pada masyarakat pesisir ? |
|
5. Menanamkan
pentingnya pendidikan pada masyarakat pesisir |
E. Bagaimana
cara menumbuhkan kesadaran hidup bersih di SMA Negeri 3 Sampang? |
KUNCI : 5-D
PILIHAN GANDA
Cermatilah penggalan makalah berikut!
2.1 Tujuan Meningkatkan Minat Baca
Secara umum minat baca mempunyai tujuan mewujudkan
suatu sistem penumbuhan dan pengembangan nilai ilmu yang sesuai dengan
kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan masyarakat baca (Reading society)
lewat pelayanan masyarakat perpustakaan dengan penekanan pada penciptaan lingkungan baca untuk semua jenis bacaan.
Di lingkungan sekolah juga demikian, dengan adanya fasilitas perpustakaan yang memadai akan
menumbuhkan minat baca siswa sehingga tercipta pula masyarakat baca di lingkungan sekolah.
Tujuan dari pengembangan minat baca ini antara lain untuk :
1.
Mendorong minat dan kebiasaan membaca agar tercipta
masyarakat yang berbudaya
membaca.
2.
Meningkatkan layanan perpustakaan.
3. Menciptakan masyarakat informasi yang siap berperan serta dalam semua
aspek pembangunan.
4.
Memiliki pengetahuan yang
terkini, bukan yang sudah “basi”.
5.
Meningkatkan kemampuan berpikir.
6. Mengisi waktu luang.
- Contoh klausa yang sesuai
dengan teks ilmiah (makalah) tersebut ialah …
A.
meningkatkan kemampuan berpikir
B.
minat baca dapat ditumbuhkan
C.
tujuan dari pengembangan minat baca ini
antara lain
D.
memiliki pengetahuan yang terkini, bukan
yang sudah “basi”
E.
mengisi waktu luang
KUNCI: B
PILIHAN GANDA KOMPLEKS
Cermatilah teks ilmiah
berikut!
Secara sederhana,
klausa dapat dikatakan sebagai bagian dari sebuah kalimat. Kalimat adalah
satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi
final, dan secara aktual maupun potensial terdiri atas klausa. Klausa
merupakan satuan gramatikal yang
memiliki tataran di atas frasa dan di bawah kalimat, berupa kelompok kata yang
sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat, serta berpotensi untuk
menjadi kalimat. Klausa berpotensi untuk menjadi kalimat karena meskipun bukan
kalimat, dalam banyak hal klausa tidak berbeda dengan kalimat, kecuali dalam
hal belum adanya intonasi akhir atau tanda baca yang menjadi ciri kalimat.
13. Pernyataan
yang tepat tentang klausa ialah …
(Boleh memilih lebih
dari satu jawaban)
1) Berunsur
inti S dan P.
2) Terdapat
satu predikat (P) dalam sebuah klausa.
3) Dalam
kalimat majemuk, klausa merupakan bagian dari kalimat
4) Adanya
intonasi akhir atau tanda baca yang menjadi ciri kalimat
5) Klausa
sama dengan kalimat
KUNCI
: 1), 2), 3), 4)
URAIAN PANJANG
Cermatilah teks ilmiah berikut!
Klausa
bebas dan klausa terikat biasanya terdapat dalam sebuah kalimat bersusun atau
kalimat majemuk. Kalimat bersusun terdiri atas satu klausa bebas dan minimal
satu klausa terikat. Bila dikaitkan dengan kalimat majemuk bertingkat, klausa
terikat disebut juga klausa sematan atau anak kalimat, sedangkan klausa bebas
disebut klausa utama atau induk kalimat.
- Berdasarkan
informasi teks ilmiah tersebut, jelaskan dengan contoh klausa bebas dan
klausa terikat dalam kalimat!
-
Wanita itu langsung
pingsan, mendengar kabar suaminya
meninggal.
-
Dilihat dari dari
golongan verbanya , klausa verbal dibagi menjadi dua jenis.
KUNCI
:
-
wanita itu langsung
pingsan à klausa utama atau induk kalimat =
klausa bebas
mendengar kabar
suaminya meninggal àklausa
sematan atau anak kalimat = klausa terikat
-
dilihat dari dari
golongan verbanya à
klausa sematan atau anak kalimat = klausa terikat
-
klausa verbal dibagi
menjadi dua jenis à
klausa utama atau induk kalimat = klausa beba
ISIAN SINGKAT
Cermatilah teks ilmiah berikut!

15. Dari
teks ilmiah tersebut, carilah satu klausa yang berunsur S+P+Pel!
KUNCI
:
Samuel
Sandweiss adalah seorang psikiater
MEMASANGKAN
Cermatilah teks ilmiah Pendidikan dengan saksama!
Pendidikan
merupakan kebutuhan manusia. Pendidikan selalu mengalami perubahan,
perkembangan,
dan perbaikan sesuai dengan perkembangan di segala bidang kehidupan. Perubahan
dan perbaikan dalam bidang pendidikan meliputi berbagai komponen yang terlibat
di dalamnya baik itu pelaksana pendidikan di lapangan (kompetensi guru dan
kualitas tenaga pendidik), mutu pendidikan, perangkat kurikulum, sarana dan
prasarana pendidikan dan mutu menejemen pendidikan termasuk perubahan dalam
metode dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Upaya perubahan dan
perbaikan tersebut bertujuan membawa kualitas pendidikan Indonesia lebih baik.
|
Satuan
Bahasa |
Contoh
Satuan Bahasa |
|
1.
Kalimat Majemuk 2.
Kalimat 3.
Klausa bebas 4.
Klausa terikat |
A.
Upaya
perubahan dan perbaikan tersebut bertujuan membawa kualitas pendidikan
Indonesia lebih baik. B.
Pendidikan
selalu mengalami perubahan C.
Pendidikan
merupakan kebutuhan manusia.. D.
dan
perbaikan
E. menejemen |
- Pasangkanlah
Satuan Bahasa dan Contohnya yang sesuai!
KUNCI : 1-E, 2-A, 3-C, 4-B
MEMASANGKAN
Cermatilah
kutipan novel berikut!
(1) Ponsel Iqbal berdering nyaring, (2) Iqbal mengeluarkan dari saku, (3) menatap layar
ponsel.
(4) Ada nomor tak dikenal, menghubunginya. (5) Iqbal berpikir
keras, siapa pemilik
nomor ini?
(6) Nyatanya, yang mengetahui nomor Iqbal hanya
segelintir orang. (7) Bahkan, jumlahnya bisa dihitung
dengan jari tangan ditambah jari kaki.
|
Kalimat
|
Pola
|
|
(1) (2) (3) (4) (5) |
A.
S+P+K B. P+O C.
S+P D.
S+P+Pel+K E.
P+S F.
S+P+Pel |
17. Pasangkanlah
kalimat dan pola kalimat/bentukan dalam kutipan
novel yang sesuai!
KUNCI :
(1)
à G
(2) à A
(3)
à B
(4)
à C
(5) à D
PILIHAN GANDA
Cermati kutipan novel berikut!
(1)
Iqbal menoleh ke papanya, (2) kedua
matanya langsung terbuka sempurna. (3) Otaknya
berubah menjadi kembali bersemangat. (4) Iqbal menegakkan tubuhnya. (5)
Universitas dan jurusan tersebut
adalah impian Iqbal sejak dirinya
duduk di kelas VIII. (6) Iqbal sangat
berharap bisa kuliah
di sana, (7) ia ingin sekali
mengejar cita-citanya untuk menjadi
seorang astronaut.
18.
Kalimat
intransitif dalam kutipan
novel tersebut terdapat
pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (6)
KUNCI:
E
PILIHAN
GANDA
Cermati kutipan novel
Azab dan Sengsara karya Merari
Siregar berikut!
Aminuddin
anak yang bijaksana, adat dan kelakuannya baik dan halus budi bahasanya. Oleh
sebab itu, Mariamin pun amatlah
suka bercampur dengan dia dan ia amat suka mendengar
cerita-cerita Aminuddin yang diceritakannya, bila mereka itu tengah berjalan
pulang atau pergi
ke sekolah atau ketika mereka itu bersama-sama di sawah karena
sawah orang tua mereka itu berwatasan. Aminuddin pun gemar juga mengajak angginya itu berkata kata karena amatlah
setuju ia akan tertib dan budi anak gadis kecil
itu. Mariamin pun menghormati dan menyayangi dia dengan sebenar-benarnya. Kalau
hari hujan tiadalah ia membiarkan
Aminuddin pulang ke rumahnya, la selalu berkata, "Singgahlah Angkang
dahulu, menantikan hujan
ini teduh, lagi nasi pun sudah sedia untuk kita karena Mak tahu juga, Angkang tak dapat pulang ke
kampung dalam hujan begini."
“Ah,
biarlah saya terus, hujan tiada berapa, kalau saya berhenti, tentu saya pulang
sendiri; eloklah ramai-ramai dengan
kawan-kawan," sahut Aminuddin. Akan
tetapi, adiknya itu bukanlah anak yang mudah
kalah bercakap. Dengan segera ia memegang tangan Aminuddin seraya berkata,
"Ah, tak baik begitu, nanti
Angkang sakit sebagai dahulu karena ditimpa hujan, Bukankah orangtua kita yang
susah? Saya kawani nanti pulang kalau
Angkang tak suka berjalan sendiri." Sudah tentu Aminuddin tak dapat menolak
ajakan adiknya itu karena mamaknya sudah memanggil
namanya dari dalam rumah.
19. Kalimat langsung
pada kutipan novel tersebut ditunjukkan oleh kalimat ...
A.
Mariamin pun menghormati dan menyayangi dia dengan sebenar-benarnya.
B.
Akan
tetapi, angginya itu bukanlah anak yang mudah kalah bercakap.
C.
Aminuddin anak yang bijaksana,adat dan kelakuannya baik dan halus budi bahasanya.
D. Aminuddin pun gemar juga me ngajak
angginya itu berkata-kata karena amatlah setuju ia akan tertib dan budi anak gadis kecil itu.
E. "Singgahlah Angkang dahulu, menantikan
hujan ini teduh, lagi nasi pun sudah sedia untuk kita karena
Mak tahu juga,
Angkang tak dapat pulang
ke kampung dalam hujan begini."
KUNCI: E
URAIAN PANJANG
Cermati kutipan novel
Azab dan Sengsara karya Merari
Siregar berikut!
Aminuddin
anak yang bijaksana, adat dan kelakuannya baik dan halus budi bahasanya. Oleh
sebab itu, Mariamin pun amatlah
suka bercampur dengan dia dan ia amat suka mendengar
cerita-cerita Aminuddin yang diceritakannya, bila mereka itu tengah berjalan
pulang atau pergi
ke sekolah atau ketika mereka itu bersama-sama di sawah karena
sawah orang tua mereka itu berwatasan. Aminuddin pun gemar juga mengajak angginya itu berkata kata karena amatlah
setuju ia akan tertib dan budi anak gadis kecil
itu. Mariamin pun menghormati dan menyayangi dia dengan sebenar-benarnya. Kalau
hari hujan tiadalah ia membiarkan
Aminuddin pulang ke rumahnya, la selalu berkata, "Singgahlah Angkang
dahulu, menantikan hujan
ini teduh, lagi nasi pun sudah sedia untuk kita karena Mak tahu juga, Angkang tak dapat pulang ke
kampung dalam hujan begini."
“Ah,
biarlah saya terus, hujan tiada berapa, kalau saya berhenti, tentu saya pulang
sendiri; eloklah ramai-ramai dengan
kawan-kawan," sahut Aminuddin. Akan
tetapi, adiknya itu bukanlah anak yang mudah
kalah bercakap. Dengan segera ia memegang tangan Aminuddin seraya berkata,
"Ah, tak baik begitu, nanti
Angkang sakit sebagai dahulu karena ditimpa hujan, Bukankah orangtua kita yang
susah? Saya kawani nanti pulang kalau
Angkang tak suka berjalan sendiri." Sudah tentu Aminuddin tak dapat menolak
ajakan adiknya itu karena mamaknya sudah memanggil
namanya dari dalam rumah.
20. Disajikan
teks penggalan novel, buatlah ringkasan yang tepat untuk kutipan
novel tersebut!
KUNCI:
E
Kebiasaan yang dilakukan Mariamin
adalah meminta Aminuddin untuk singgah di rumahnya ketika hujan turun, tetapi Aminuddin akan
menolak, baru ketika mamaknya yang meminta, ia mengiyakan, tak kuasa menolaknya.
ISIAN
SINGKAT
Cermatilah
kutipan novel Ayat-Ayat Cinta
berikut!
Sebenarnya
Fahri malas untuk berada di luar rumah dalam suasana panas begini, tapi ia
sudah janji pada Syaikh Utsman
akan datang, dan janji
adalah utang yang harus dibayar
dengan kedatangannya.
Pukul
dua tepat ia sudah harus sampai, tidak boleh terlambat, karena Syaikh Utsman
adalah orang yang sangat terkenal disiplin dan selalu
datang tepat waktu.
Fahri adalah
seorang mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di Universitas Al Azhar dan
sedang menunggu pengumuman untuk menulis tesis
masternya.Sebelumnya, ia telah menyelesaikan gelar Lc atau licence di universitas yang sama.
Sumber: Habiburrahman El-Shirazy dalam Ayat-Ayat Cinta
21. Dalam kutipan novel tersebut, kalimat yang bergaris bawah merupakan
kalimat ...
KUNCI:
Kalimat aktif intransitif
PILIHAN
GANDA KOMPLEKS
Cermatilah
kutipan novel Soraya, karya Srisa
berikut!
“Pa, Papa. Apa tidak malu lho, mobil Papa itu paling jadul di antara mobil teman-teman guru
SMA Ceria, mobil Pak Saidi, Pak Heri, Pak Samsul, dan lainnya?” protes Soraya.
Perempuan itu mengungkapkan keprihatinan, dengan wajah yang sedih, seakan tidak ingin
suaminya akan menjadi bahan omongan istri-istri teman guru. Roib pun menjawab
dengan santai.
“Sudahlah, Ma. Mobil Papa masih layak dan bisa
menemani ke mana saja.” Lalu lanjutnya, “ Bukan perkara jelek atau bagusnya,
lama atau barunya, tetapi sejarah mobil itu yang paling berharga dan itu bagi
Papa sangat bernilai daripada mobil mewah apa pun.” …
22.
Pernyataan yang benar tentang jenis kalimat dalam novel ialah ...
(boleh memilih lebih sari satu
jawabann)
A.
Perempuan itu mengungkapkan keprihatinan
dengan wajah yang sedih, seakan tidak ingin suaminya akan menjadi bahan omongan
istri-istri teman guru. à kalimat aktif
B.
Roib pun menjawab dengan santai. à
kalimat aktif
C. “Pa,
Papa. Apa tidak malu lho, mobil Papa
itu paling jadul di antara mobil teman-teman guru SMA Ceria, mobil Pak Saidi,
Pak Heri, Pak Samsul, dan lainnya?” protes Soraya. à
kalimat langsung
D.
Perempuan itu mengungkapkan keprihatinan
dengan wajah yang sedih, seakan tidak ingin suaminya akan menjadi bahan omongan
istri-istri teman guru. à kalimat aktif
intransitif
E. “Pa,
Papa. Apa tidak malu lho, mobil Papa
itu paling jadul di antara mobil teman-teman guru SMA Ceria, mobil Pak Saidi,
Pak Heri, Pak Samsul, dan lainnya?” protes Soraya. à
kalimat tak langsung
KUNCI
: A, B, C
ISIAN
SINGKAT
Cermatilah
kutipan cerpen Soraya, karya Srisa
berikut!
“Pa, Papa. Apa tidak malu lho, mobil Papa itu paling jadul di antara mobil teman-teman guru
SMA Ceria, mobil Pak Saidi, Pak Heri, Pak Samsul, dan lainnya?” protes Soraya.
Perempuan itu mengungkapkan keprihatinan dengan
wajah yang sedih, seakan tidak ingin suaminya akan menjadi bahan omongan
istri-istri teman guru. Roib pun menjawab
dengan santai.
“Sudahlah, Ma. Mobil Papa masih layak dan bisa
menemani ke mana saja.” Lalu lanjutnya, “ Bukan perkara jelek atau bagusnya,
lama atau barunya, tetapi sejarah mobil itu yang paling berharga dan itu bagi
Papa sangat bernilai daripada mobil mewah apa pun.” …
23.
Disajikan kutipan novel, kalimat yang bergaris bawah tersebut merupakan
kalimat ...
KUNCI
: kalimat majemuk bertingkat
PILIHAN GANDA
Cermatilah teks ilmiah berikut!
Peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menetapkan tujuan
dan standar kompetensi pendidikan. Dalam kaitannya dengan pendidikan,
kompetensi menunjukkan kepada perbuatan yang bersifat rasional untuk mencapai
suatu tujuan yang sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Kompetensi (kemampuan)
ini diperoleh melalui proses pendidikan atau latihan. Salah satu faktor yang
paling menentukan berhasilnya proses belajar mengajar adalah guru. Seorang guru
perlu memiliki kemampuan untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan di
kalangan peserta didiknya sehingga dapat menggerakkan minat gairah serta
semangat belajar mereka.
24. Analisis klausa dalam kutipan
teks ilmiah tersebut yang tepat ialah …
A.
peningkatan mutu
pendidikan dilakukan dengan menetapkan tujuan (klausa 1)
peningkatan mutu
pendidikan dilakukan dengan menetapkan standar kompetensi pendidikan(klausa 2)
B.
kompetensi (kemampuan)
ini diperoleh melalui proses pendidikan atau latihan (klausa 1)
kompetensi
(kemampuan) ini diperoleh melalui proses latihan (klausa 2)
C.
salah satu faktor
adalah guru (klausa atasan)
yang paling
menentukan berhasilnya proses belajar mengajar adalah guru
D.
seorang guru perlu
memiliki kemampuan untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan di kalangan
peserta didiknya (klausa atasan)
sehingga dapat
menggerakkan minat gairah serta semangat belajar mereka (klausa bawahan).
E.
dalam kaitannya dengan
pendidikan (klausa bawahan)
kompetensi
menunjukkan kepada perbuatan yang bersifat rasional (klausa atasan)
untuk mencapai
suatu tujuan yang sesuai dengan kondisi yang diharapkan (klausa bawahan)
KUNCI: A
ISIAN SINGKAT
Cermatilah teks ilmiah berikut!
Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah
melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat
ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang
studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan
pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan mengahasilkan pembelajaran yang
maksimal.
Dalam proses pencapaiannya, prestasi belajar sangat
dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor utama yang sangat
berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan guru. Mengingat
keberadaan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh maka
sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan.
Prestasi belajar tidak dapat dipisahkan
dari kegiatan belajar karena belajar merupakan
suatu proses, sedangkan prestasi belajar adalah
hasil dari proses pembelajaran tersebut.
Bagi seorang anak belajar merupakan suatu
kewajiban. Berhasil atau tidaknya seorang anak
dalam pendidikan tergantung pada proses
belajar yang dialami oleh anak tersebut.
- Dalam teks ilmiah tersebut, paragraf 3 kalimat 1 memiliki
...klausa.
KUNCI : 3 klausa
prestasi
belajar tidak dapat dipisahkan dari
kegiatan belajar (klausa 1)
karena
belajar merupakan suatu proses, (klausa 2)
sedangkan
prestasi belajar adalah hasil dari proses
pembelajaran tersebut (klausa 3)
ISIAN SINGKAT
Cermatilah teks ilmiah berikut!
Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah
melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat
ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang
studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan
pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan mengahasilkan pembelajaran yang
maksimal.
Dalam proses pencapaiannya, prestasi belajar sangat
dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor utama yang sangat
berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan guru. Mengingat
keberadaan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh maka
sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan.
Prestasi belajar tidak dapat
dipisahkan dari kegiatan belajar karena belajar
merupakan suatu proses, sedangkan prestasi belajar
adalah hasil dari proses pembelajaran
tersebut. Bagi seorang anak belajar merupakan
suatu kewajiban. Berhasil atau tidaknya seorang
anak dalam pendidikan tergantung pada
proses belajar yang dialami oleh anak tersebut.
- Dalam teks ilmiah tersebut, paragraf 3 kalimat 1 merupakan kalimat …
majemuk campuran
PILIHAN
GANDA
Cermatilah
teks debat berikut!
Moderator
………….
Tim Afirmasi
Seperti yang kita ketahui bersama, di era yang serba digital ini,
jarak dan waktu bukanlah sebuah halangan. Media sosial telah menjembatani
perbedaan tersebut. Melalui media sosial, siswa dapat membangun komunitas
belajar dengan mudah.
Hal ini tentunya dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa
tanpa khawatir akan perbedaan jarak dan waktu.
Tim Oposisi
Saya kurang setuju dengan pendapat tim afirmasi. Pada kenyataannya,
siswa akan dengan mudah teralih pada hal yang lain selain belajar. Contohnya
saja menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi secara pribadi
alih-alih belajar.
Selain itu, media sosial akan melemahkan interaksi sosial para
pelajar di dunia nyata. Mereka akan sibuk dengan gawai dan media sosial
masing-masing, serta tidak memperhatikan lingkungan sekitar.
Tim Afirmasi
Saya kurang setuju dengan pendapat tim oposisi yang menyatakan bahwa
media sosial melemahkan interaksi sosial para pelajar di dunia nyata. Justru
media sosial dapat membangun kepercayaan diri para pelajar yang mungkin tidak
mereka miliki di dunia nyata.
Melalui media sosial, para pelajar tersebut bebas berargumentasi dan
terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung pada media sosial. Hal
tersebut tentu akan menambah kepercayaan diri mereka.
27. Dalam teks debat tersebut, yang disampaikan oleh moderator ialah …
A. Terima kasih atas kehadiran rekan-rekan pada siang ini. Hari ini,
kita akan membahas pengaruh penggunaan media sosial di lingkungan sekolah. Grup
A adalah tim yang mendukung penggunaan media sosial bagi pelajar dan grup B
yang menolak hal tersebut.
- Saat ini Gadget sudah tidak dapat dilepaskan dari
kehidupan. Bagaimana pendapat kalian?
- Sinetron yang menjamur memang merupakan sebuah hal
baik di industri perfilman dan merupakan bukti berkembangnya perfilman
Indonesia. Namun anak-anak saat ini menjadikan sinetron sebagai cermin.
Bagaimana tanggapan kalian
- Selain itu, media sosial juga dapat menimbulkan rasa
candu. Para siswa akan merasa gelisah ketika tidak mengakses media sosial.
Pada akhirnya, mereka akan sibuk dengan media sosial dan mulai lupa waktu,
sehingga mereka melupakan tugas utama, yaitu belajar.
- Memang kecanduan terhadap media sosial dapat diatasi
dengan penerapan aturan yang tegas. Akan tetapi, apakah Anda yakin aturan
tersebut benar-benar akan berjalan sesuai harapan?
KUNCI: A
PILIHAN GANDA
Cermatilah data buku di
bawah ini!
Judul buku
: Bung Karno Maestro Monte Carlo
Pengarang : Agus Setiyanto
Tempat dan tahun terbit buku : Yogyakarta 2006
Nama penerbit
: Ombak
Nomor halaman yang dikutip : 87
- Penulisan catatan kaki(footnote) yang tepat untuk
kutipan berdasarkan data di atas adalah
A. Setiyanto, Agus. 2006. Bung Karno Maestro Monte Carlo. Yogyakarta: Ombak. him. 87.
B. Agus Setiyanto, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Yogyakarta: Ombak, 2006), hlm.87.
C. Agus Setiyanto, 2006, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Yogyakarta: Ombak), him. 87
D. Setiyanto, Agus, Bung Karno Maestro Monte Carlo, Yogyakarta: Ombak, 2006. him. 87.
E. Agus Setiyanto, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Ombak: Yogyakarta, 2006), him. 87.
KUNCI: B
PILIHAN GANDA
Cermatilah
informasi berikut!
Nah,
tentunya pentingnya sebuah topik sesuai pula dengan pengertian topik itu sendiri.
Berikut
ini akan dijelaskan pengertian topik. Topik secara
etimologis berasal dari bahasa Yunani yakni Topoi yang artinya tempat. Dengan
demikian Topik bisa dikatakan hal yang sudah dibatasi tempatnya.
Topik
berarti pokok pembicaraan atau pokok permasalahan. Sedangkan, kalau dikaitkan
dengan karangan, maka topik karangan adalah sesuatu hal
yang digarap menjadi karangan.
Berdasarkan hal
tersebut, berikut terdapat topik-topik:
1. otonomi daerah
2. kearifan lokal
3. pengelolaan wisata
- Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan
topik-topik makalah tersebut adalah ….
A. Kearifan lokal akan meningkatkan kualitas otonomi daerah dan pengelola wisata.
B. Pengelolaan pariwisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial.
C. Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh.
D. Pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan local, di antaranya dalam mengelola wisata.
E. Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan pariwisata.
KUNCI:D
PILIHAN GANDA KOMPLEKS
Cermatilah kutipan
novel berikut!
Aku terhenyak. Dokar tiba-tiba membelok,
melewati pintu gerbang, melewati papan nama Boerderij Buitenzorg, langsung
menuju ke tangga depan rumah. Aku bergidik. Darsam yang belum pernah aku lihat
itu muncul dalam benakku. Hanya kumis, tak lain dari kumis, sekepal dan
clurit*. Tak pernah ada cerita orang mendapat undangan dari istana
angker-sangar ini. “Ke sini ?” Ia hanya mendengus. Seorang pemuda Indo-Eropa
membuka pintu kaca, menuruni anak tangga, menyambut Suurhof. Nampaknya ia
seumur denganku, la berwajah Eropa, berkulit Pribumi, jangkung, tegap, kukuh.
“Hai, Rob!” “Oho, Rob!” sambut Suurhof.
- Kalimat
verbal dalam kutipan cerpen tersebut ialah …
(boleh memilih lebih dari satu
jawaban)
- Dokar
tiba-tiba membelok, melewati pintu gerbang, melewati papan nama Boerderij
Buitenzorg, langsung menuju ke tangga depan rumah.
- Hanya
kumis, tak lain dari kumis, sekepal dan clurit.
- Seorang
pemuda Indo-Eropa membuka pintu kaca, menuruni anak tangga, menyambut
Suurhof.
- Nampaknya
ia seumur denganku, la berwajah Eropa, berkulit Pribumi, jangkung, tegap,
kukuh.
- “Hai,
Rob!” “Oho, Rob!” sambut Suurhof.
KUNCI:
A, C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar