Selasa, 13 Desember 2022

SOAL AKM BIN PEMINATAN XI

 


PILIHAN GANDA KOMPLEKS

Cermatilah teks debat yang bertema kebudayaan berikut!

 

Kebudayaan Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal maupun kebudayaan asing yang telah ada di Indonesia sejak dahulu. Kebudayaan bangsa Indonesia sekarang mulai luntur dari masyarakat, khususnya para pemuda yang lebih condong dan senang meniru budaya-budaya asing. Terkadang budaya asing yang masuk tanpa disaring untuk dipilih terlebih dahulu, namun langsung menerima dan meniru tanpa dipikirkan ulang. Sehingga masyarakat kita meniru budaya barat yang bertentangan dengan budaya asli Indonesia, yang terkenal akan sopan santunnya. Misalnya, lihat saja model pakaian dari budaya barat yang masuk dan ditiru anak muda masa kini dengan pakaian seksi.

  1. Berdasarkan informasi tersebut, alasan menghadirkan narasumber ialah …
  1. Acara debat menghadirkan narasumber dengan pendapat yang berbeda karena acara debat membutuhkan orang yang memberikan informasi tentang kebudayaan lebih dari kedua sisi sebuah mosi.
  2. Apabila argumen tentang kebudayaan yang disampaikan oleh tim-tim debat melenceng dari mosi, narasumber akan meluruskan dan menambahkan apabila ada kekurangan informasi pada kedua tim.
  3. Yang disampaikan narasumber tentang kebudayaan Indonesia yang sudah mulai luntur karena para pemudanya lebih condong dan senang meniru budaya-budaya asing memang sesuai dengan kenyataan.
  4. Narasumber harus menegaskan bahwa bukan kebudayaan asing yang keliru, tetapi orang Indonesia yang tidak menghargai kebudayaan sendiri.
  5. Narasumber mencontohkan budaya berpakaian yang sudah modern dan memicu penyampaian pendapat dari tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral.

KUNCI : A,B,C 

 

PILIHAN GANDA KOMPLEKS

Cermatilah kalimat berikut!

(1)   Dalam kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya menyampaikan pendapat.

(2)   Saya rasa semua setuju terhadap pendapat yang akan saya utarakan.

(3)   Saya kurang setuju dengan dengan pendapat penyaji tadi karena tidak didukung oleh alasan atau fakta yang logis.

(4)   Saya tidak akan kecewa jika usul saya tidak diterima karena ini hanya usul.  Jadi mohon dipertimbangkan kembali.

(5)   Saudara moderator, harap opini saya diterima karena mengandung kebenaran yang tidak dapat dibantah.

  1. Kalimat yang tepat untuk menyampaikan pendapat ketika berdebat ialah …

(boleh memilih lebih dari satu jawaban)

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

KUNCI: A

 

ISIAN SINGKAT

Cermatilah argumen berikut!

Kami tidak menyetujui dengan adanya talkshow kadang menjadi adegan berdebat yang sering melenceng dari bahan pembincangan. Belum lagi, para peserta talkshow yang bersikeras dengan pendapatnya masing-masing dan tidak mau menghargai pendapat peserta lainnya. Hal ini mengajarkan sesuatu yang tidak baik karena penonton diberi tontonan yang tidak saling menghargai.

 

3.      Siapa yang menyampaikan argumen tersebut?

KUNCI: tim oposisi

 

PILIHAN GANDA

Cermatilah teks berikut!

Moderator   : Baiklah mosi kita pada pagi ini adalah “Talkshow melatih berpikir kritis dan                            melatih menghargai orang lain”

                        Dapat dimulai dari tim afirmasi dulu. …………….

Tim Afirmasi: Terima kasih atas kesempatan ini. Saya dari tim afirmasi akan memberikan Pendapat mengenai  mosi yang disampaikan Saudara moderator.

4.      Salah satu cara moderator untuk meminta anggota debat menyampaikan pendapat adalah dengan kalimat 

A.     Maaf, pertanyaan langsung ke pokok permasalahan

B.     Adakah yang memiliki pendapat lain?

C.     Maaf agar pertanyaan dipersingkat.

D.     Bagaimana menurut Anda?

E.      Mohon lebih menyingkat waktu.

KUNCI : D

MEMASANGKAN/MENJODOHKAN

Cermatilah pernyataan berikut!

Debat merupakan kegiatan beradu argumen guna mempertahankan opini. Dalam menyampaikan argument, Anda harus tetap menggunakan etika dan norma dalam berdebat. Walaupun pendapat Anda sangat bertentangan dengan pihak lawan, Anda tetap harus menghargai argumentasi dan pendapat lawan. Hal demikian juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun memiliki perbedaan dengan teman, Anda harus tetap berteman dengan baik dan menghargai teman.

 

Sikap dalam berdebat

Benar

Salah

1.      menggunakan etika

2.      mengikuti norma

3.      menghargai argumentasi lawan

4.      tetap harus bersikap baik meskipun berbeda pendapat

5.      jika pendapat benar, akan mempertahankan dengan segala cara

 

 

 

5.        Jawablah dengan mencentang ‘benar’ bila menurut Anda benar dan mencentang ‘salah’ bila menurut Anda salah!

 

Kunci :

1 benar

2 benar

3 benar

4 benar

5 salah

URAIAN PANJANG

Cermatilah teks berikut!

Pengertian debat jika diartikan secara umum, maka dapat diartikan sebagai strategi dalam adu pendapat agar pendapat atau argumen yang kita miliki tidak dipatahkan oleh lawan. Bisa juga debat diartikan sebagai mengajukan usul dan mempertahankan usulan tersebut agar tetap digunakan oleh pihak-pihak tertentu. 

Pengertian debat sebenarnya memiliki banyak sekali perspektif. Bahkan ada pendapat dari para ahli yang mengartikan debat secara beragam. Salah satunya pendapat Wusu Hendrikus yang mengatakan bahwa debat adalah adu argumenasi. Adu bisa dilakukan secara individu ataupun kelompok. Tujuan dari depat itu sendiri mencapai sebuah kemenangan satu pihak. 

Barangkali ada di antara kamu yang masih bingung dengan bentuk debat maka di bab sebelumnya kita sudah mempelajari secara singkat tentang pengertian debat, fungsi, tujuannya, dan ciri-ciri debat yang wajib kamu tahu juga.

6.      Dari informasi di atas, jelaskan ciri-ciri debat!

KUNCI :

Ciri-ciri debat:

1)      terdapat dua sudut pandang (afirmatif dan opositif)

2)      terdapat proses saling mempertahankan pendapat antara kedua belah pihak

3)      terdapat adu argumen dengan tujuan memperoleh kemenangan

4)      hasil debat diperoleh melalui voting dan keputusan juri

5)      adanya sesi tanya jawab yang bertujuan untuk menjatuhkan pihak lawan

6)      adanya pihak penengah, yaitu moderator

PILIHAN GANDA KOMPLEKS

Cermatilah penggalan makalah berikut!

Upaya Meningkatkan Minat Baca di kalangan Remaja

 

BAB I

            PENDAHULUAN

 

1.1   Latar Belakang

Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis oleh seseorang. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan, walaupun terkadang informasi itu kita dapatkan secara tidak langsung. Banyak orang mengatakan bahwa buku merupakan Gudang Ilmu. Mengapa demikian? Karena buku itu sendiri dapat membuka wawasan yang sangat luas. Tidak hanya informasi yang ada dalam negeri, melainkan informasi tentang dunia, bahkan alam semesta.

 

Namun sangat disayangkan, pada zaman modern sekarang ini , jarang kita temukan remaja yang gemar membaca. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bermain game, pergi ke warnet untuk bermain social media, nongkrong bersama teman-teman, atau sekedar jalan-jalan yang tidak berguna bersama teman keluar rumah. Tapi, masih ada juga sebagian dari mereka yang menanamkan sikap gemar membaca, salah satu contohnya membaca buku novel. Itu tak menjadi masalah. Selagi mereka masih dapat memanfaatkan waktu luang dengan mengisi hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca atau belajar.

 

Namun pada kenyataannya, minat baca remaja sekarang ini sangatlah rendah. Banyak sekali faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca remaja. Salah satunya adalah karena semakin berkembangnya teknologi. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai cara dalam menanggulangi masalah ini. Hal ini dapat dilakukan melalui lingkungan sekolah maupun oleh pelajar itu sendiri.

  1. Perumusan masalah yang tepat  ialah …

(Boleh memilih lebih dari satu jawaban)

1)     Apa tujuan meningkatkan minat baca di kalangan remaja di zaman sekarang?

2)     Apa saja faktor yang mempengaruhi menurunnya minat baca di kalangan pelajar?

3)     Bagaimana cara meningkatkan minat baca di kalangan pelajar?

4)      Menjelaskan tujuan meningkatkan minat baca di kalangan pelajar.

5)     Mendeskripsikan faktor penyebab menurunnya minat baca di kalangan pelajar.

 

KUNCI : A., B., C.

 

   

 

PILIHAN GANDA

Cermatilah ilustrasi berikut!

Rumusan Masalah :  Minat Beli Telepon Pintar (Smartphone) yang Tinggi di Kalangan Remaja

1)      Apa faktor-faktor yang menyebabkan munculnya minat beli telepon pintar (smartphone) yang tinggi?

2)      Apa akibat yang ditimbulkan dari kepemilikan telepon pintar (smartphone)  pada remaja?

3)      Apa dampaknya di bidang ekonomi?

4)   Bagaimana solusi untuk menstabilkan minat beli smartphone di kalangan remaja?

5)      Berapa harga smartphone yang dapat terjangkau remaja?

8.      Berdasarkan masalah tersebut, judul makalah yang tidak sesuai ialah …

A.    1)

B.     2)

C.     3)

D.    4)

E.     5)

KUNCI: E

ISIAN SINGKAT

Cermatilah kutipan makalahberikut!

Menurut Ibnu (2002:19)”bahan rujukan yang dimasukkan dalam daftar rujukan  hanya yang benar-benar dirujuk dalam tubuh artikel dan sebaliknya semua rujukan yang telah disebutkan dalam tubuh artikel harus tercatat di dalam daftar rujukan”.

 

9.      Disajikan kutipan makalah, apakah penulisan kutipan di atas sudah tepat?

KUNCI : Tepat

            URAIAN PANJANG

            Cermatilah data sumber rujukan berikut!

1)      Penerbit                 : Pustaka Jaya  , Jakarta

Tahun terbit           : 2001

Pengarang             : Ismail Marahimin

Judul buku            : Menulis secara Populer

 

2)      Link                       : https://www.cekaja.com/info/contoh-rumusan-masalah-makalah-skripsi-dan-penelitian

Penulis                   Vera Khairifah pada December 20, 2019

Judul artikel          : Contoh Rumusan Masalah Makalah, Skripsi, dan Penelitian Lainnya

Diunduh                : 13 November 2021

 

10.  Disajikan dua data sumber rujukan buku dan internet, susunlah daftar pustaka  dari dua data tersebut!

KUNCI:

1)      Marahaimin, Ismail. 2001, Menulis secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya .

3)      Khairifah, Vera. 2019. “Contoh Rumusan Masalah Makalah, Skripsi, dan Penelitian Lainnya”. https://www.cekaja.com/info/contoh-rumusan-masalah-makalah-skripsi-dan-penelitian. (diunduh 13 November 2021)

 

MEMASANGKAN/MENJODOHKAN

Cermatilah informasi berikut!

Cara Membuat Rumusan Masalah yang Baik

Sebelum kamu membaca contoh rumusan masalah dari berbagai karya tulis, ketahui terlebih dahulu cara membuat rumusan masalah. Berikut ini adalah tips membuat rumusan masalah agar tetap sesuai dengan isi karya tulis.

1. Gunakan pertanyaan terbuka

Jangan membuat rumusan masalah yang dapat dijawab dengan ‘ya’ dan ‘tidak’. Akan lebih baik jika kamu membuat pertanyaan ‘Bagaimana dampak teknologi terhadap pertumbuhan siswa?’. Kalimat tanya tersebut dapat dijabarkan pada bagian pembahasan. Namun, jika rumusan masalahmu ‘Apakah teknologi memberikan dampak bagi anak?’ jawabannya hanya ‘ya’ atau ‘tidak’.

2. Buat pertanyaan sesuai tema

Sangat penting memahami tema karya tulis yang sedang kamu buat. Hal tersebut menentukan pertanyaan yang akan diajukan. Jika karya tulismu bertema pendidikan, rumusan masalah yang perlu ditanyakan juga terkait pendidikan. Hindari memilih rumusan masalah yang jauh dari tema agar pembahasan karya tulis dapat lebih spesifik.

3. Hindari banyak pertanyaan yang serupa

Jika kamu memiliki karya tulis yang mengandung banyak poin pembahasan, ringkaslah rumusan masalah menjadi beberapa poin saja. Kamu tidak perlu menanyakan hal yang detail berulang kali jika pertanyaan dapat dibuat lebih padat dan jelas.


Dibandingkan membuat rumusan masalah dengan kalimat ‘bagaimana dampak membuang sampah bungkus makanan ke lingkungan?’, ‘bagaimana dampak membuang sampah plastik ke lingkungan?’, kamu bisa membuat rumusan masalah dengan kalimat ‘Bagaimana dampak membuang sampah yang tidak dapat didaur ulang ke lingkungan?’. Lebih efektif, bukan?


Prinsip pembuatan rumusan masalah tersebut bisa kamu terapkan di berbagai situasi dan kondisi. Sekarang saatnya kamu mencari referensi rumusan masalah yang cocok untuk jenis karyamu.

 

11.  Setelah membaca informasi tersebut, pasangkan tema dan rumusan masalah berikut!

Tema

Rumusan Masalah

1.      Kurangnya minat baca di kalangan siswa

A.    Bagaimana cara melindungi perokok pasif?

2.      Perlindungan terhadap perokok pasif

B.     Mengapa internet dapat dimanfaatkan  dalam pembelajaran?

3.      Menumbuhkan kesadaran hidup bersih

C.     Mengapa minat baca di kalangan siswa SMA Negeri 3 Sampang perlu ditingkatkan?

4.      Pemanfaatan internet dalam pembelajaran 

D.    Mengapa perlu mananamkan pentingnya pendidikan pada masyarakat pesisir ?

5.      Menanamkan pentingnya pendidikan pada masyarakat pesisir

E.     Bagaimana cara menumbuhkan kesadaran hidup bersih di SMA Negeri 3 Sampang?

KUNCI : 5-D

PILIHAN  GANDA

Cermatilah penggalan makalah berikut!         

2.1   Tujuan Meningkatkan Minat Baca

Secara umum minat baca mempunyai tujuan mewujudkan suatu sistem penumbuhan dan pengembangan nilai ilmu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan masyarakat  baca (Reading society) lewat pelayanan masyarakat perpustakaan dengan penekanan pada penciptaan lingkungan baca untuk semua jenis bacaan. Di lingkungan sekolah juga demikian, dengan adanya fasilitas perpustakaan yang memadai akan menumbuhkan minat baca siswa sehingga tercipta pula masyarakat baca di lingkungan sekolah.

Tujuan dari pengembangan minat baca ini antara lain untuk :

1.      Mendorong minat dan kebiasaan membaca agar tercipta masyarakat yang berbudaya membaca.

2.      Meningkatkan layanan perpustakaan.

3.      Menciptakan masyarakat informasi yang siap berperan serta dalam semua aspek pembangunan.

4.      Memiliki pengetahuan yang terkini, bukan yang sudah “basi”.

5.      Meningkatkan kemampuan berpikir.

6.      Mengisi waktu luang.

 

  1. Contoh klausa yang sesuai dengan teks ilmiah (makalah) tersebut ialah 

A.   meningkatkan kemampuan berpikir

B.    minat baca dapat ditumbuhkan

C.    tujuan dari pengembangan minat baca ini antara lain

D.   memiliki pengetahuan yang terkini, bukan yang sudah “basi”

E.    mengisi waktu luang

 

KUNCI: B

 

PILIHAN GANDA KOMPLEKS

Cermatilah teks ilmiah berikut!

Secara sederhana, klausa dapat dikatakan sebagai bagian dari sebuah kalimat. Kalimat adalah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final, dan secara aktual maupun potensial terdiri atas klausa. Klausa merupakan  satuan gramatikal yang memiliki tataran di atas frasa dan di bawah kalimat, berupa kelompok kata yang sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat, serta berpotensi untuk menjadi kalimat. Klausa berpotensi untuk menjadi kalimat karena meskipun bukan kalimat, dalam banyak hal klausa tidak berbeda dengan kalimat, kecuali dalam hal belum adanya intonasi akhir atau tanda baca yang menjadi ciri kalimat.

 

13.  Pernyataan yang tepat tentang klausa ialah …

(Boleh memilih lebih dari satu jawaban)

1)      Berunsur inti S dan P.

2)      Terdapat satu predikat (P) dalam sebuah klausa.

3)      Dalam kalimat majemuk, klausa merupakan bagian dari kalimat

4)      Adanya intonasi akhir atau tanda baca yang menjadi ciri kalimat

5)      Klausa sama dengan kalimat

KUNCI : 1), 2), 3), 4)

URAIAN PANJANG

Cermatilah teks ilmiah berikut!

Klausa bebas dan klausa terikat biasanya terdapat dalam sebuah kalimat bersusun atau kalimat majemuk. Kalimat bersusun terdiri atas satu klausa bebas dan minimal satu klausa terikat. Bila dikaitkan dengan kalimat majemuk bertingkat, klausa terikat disebut juga klausa sematan atau anak kalimat, sedangkan klausa bebas disebut klausa utama atau induk kalimat.

  1. Berdasarkan informasi teks ilmiah tersebut, jelaskan dengan contoh klausa bebas dan klausa terikat dalam kalimat!

-          Wanita itu langsung pingsan, mendengar kabar suaminya  meninggal.

-          Dilihat dari dari golongan verbanya , klausa verbal dibagi menjadi dua jenis.

KUNCI :

-          wanita itu langsung pingsan  à klausa utama atau induk kalimat = klausa bebas

mendengar kabar suaminya meninggal àklausa sematan atau anak kalimat = klausa terikat

-          dilihat dari dari golongan verbanya à klausa sematan atau anak kalimat = klausa terikat

-          klausa verbal dibagi menjadi dua jenis à klausa utama atau induk kalimat = klausa beba

ISIAN SINGKAT

Cermatilah teks ilmiah berikut!

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


15.  Dari teks ilmiah tersebut, carilah satu klausa yang berunsur S+P+Pel!

KUNCI :

            Samuel Sandweiss adalah seorang psikiater

MEMASANGKAN

Cermatilah teks ilmiah Pendidikan dengan saksama!

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia. Pendidikan selalu mengalami perubahan, perkembangan, dan perbaikan sesuai dengan perkembangan di segala bidang kehidupan. Perubahan dan perbaikan dalam bidang pendidikan meliputi berbagai komponen yang terlibat di dalamnya baik itu pelaksana pendidikan di lapangan (kompetensi guru dan kualitas tenaga pendidik), mutu pendidikan, perangkat kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan dan mutu menejemen pendidikan termasuk perubahan dalam metode dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Upaya perubahan dan perbaikan tersebut bertujuan membawa kualitas pendidikan Indonesia lebih baik.

Satuan Bahasa

Contoh Satuan Bahasa

1.      Kalimat Majemuk

2.      Kalimat

3.      Klausa bebas

4.      Klausa terikat

 

 

A.    Upaya perubahan dan perbaikan tersebut bertujuan membawa kualitas pendidikan Indonesia lebih baik.

B.     Pendidikan selalu mengalami perubahan

C.     Pendidikan merupakan kebutuhan manusia..

D.    dan perbaikan

E.     menejemen

  1. Pasangkanlah  Satuan Bahasa dan Contohnya yang sesuai!

KUNCI : 1-E, 2-A, 3-C, 4-B

MEMASANGKAN

     Cermatilah kutipan novel berikut!

(1) Ponsel Iqbal berdering nyaring, (2) Iqbal mengeluarkan dari saku, (3) menatap layar ponsel.

(4) Ada nomor tak dikenal, menghubunginya. (5) Iqbal berpikir keras, siapa pemilik nomor ini?

(6) Nyatanya, yang mengetahui nomor Iqbal hanya segelintir orang. (7) Bahkan, jumlahnya bisa dihitung dengan jari tangan ditambah jari kaki.

 

Kalimat

Pola

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

 

 

A. S+P+K

B. P+O     

C. S+P

D. S+P+Pel+K

E. P+S

F. S+P+Pel

17.  Pasangkanlah kalimat dan pola kalimat/bentukan dalam kutipan novel yang sesuai!

KUNCI :

(1) à G    

(2) à A

(3) à B

(4) à C

(5) à D

 

PILIHAN GANDA

Cermati kutipan novel berikut!

(1)   Iqbal menoleh ke papanya, (2) kedua matanya langsung terbuka sempurna. (3) Otaknya berubah menjadi kembali bersemangat. (4) Iqbal menegakkan tubuhnya. (5) Universitas dan jurusan tersebut adalah impian Iqbal sejak dirinya duduk di kelas VIII. (6) Iqbal sangat berharap bisa kuliah di sana, (7) ia ingin sekali mengejar cita-citanya untuk menjadi seorang astronaut.

18.  Kalimat intransitif dalam kutipan novel tersebut terdapat pada nomor ....

A.   (1)

B.   (2)

C.   (3)

D.   (4)

E.    (6)

 

KUNCI: E

 

PILIHAN GANDA

Cermati kutipan novel Azab dan Sengsara karya Merari Siregar berikut!

Aminuddin anak yang bijaksana, adat dan kelakuannya baik dan halus budi bahasanya. Oleh sebab itu, Mariamin pun amatlah suka bercampur dengan dia dan ia amat suka mendengar cerita-cerita Aminuddin yang diceritakannya, bila mereka itu tengah berjalan pulang atau pergi ke sekolah atau ketika mereka itu bersama-sama di sawah karena sawah orang tua mereka itu berwatasan. Aminuddin pun gemar juga mengajak angginya itu berkata kata karena amatlah setuju ia akan tertib dan budi anak gadis kecil itu. Mariamin pun menghormati dan menyayangi dia dengan sebenar-benarnya. Kalau hari hujan tiadalah ia membiarkan Aminuddin pulang ke rumahnya, la selalu berkata, "Singgahlah Angkang dahulu, menantikan hujan ini teduh, lagi nasi pun sudah sedia untuk kita karena Mak tahu juga, Angkang tak dapat pulang ke kampung dalam hujan begini."

“Ah, biarlah saya terus, hujan tiada berapa, kalau saya berhenti, tentu saya pulang sendiri; eloklah ramai-ramai dengan kawan-kawan," sahut Aminuddin. Akan tetapi, adiknya itu bukanlah anak yang mudah kalah bercakap. Dengan segera ia memegang tangan Aminuddin seraya berkata, "Ah, tak baik begitu, nanti Angkang sakit sebagai dahulu karena ditimpa hujan, Bukankah orangtua kita yang susah? Saya kawani nanti pulang kalau Angkang tak suka berjalan sendiri." Sudah tentu Aminuddin tak dapat menolak ajakan adiknya itu karena mamaknya sudah memanggil namanya dari dalam rumah.

19.  Kalimat langsung pada kutipan novel tersebut ditunjukkan oleh kalimat ...

A.    Mariamin pun menghormati dan menyayangi dia dengan sebenar-benarnya.

B.    Akan tetapi, angginya itu bukanlah anak yang mudah kalah bercakap.

C.    Aminuddin anak yang bijaksana,adat dan kelakuannya baik dan halus budi bahasanya.

D.   Aminuddin pun gemar juga me ngajak angginya itu berkata-kata karena amatlah setuju ia akan tertib dan budi anak gadis kecil itu.

E.    "Singgahlah Angkang dahulu, menantikan hujan ini teduh, lagi nasi pun sudah sedia untuk kita karena Mak tahu juga, Angkang tak dapat pulang ke kampung dalam hujan begini."

 

KUNCI: E

 

               URAIAN PANJANG

Cermati kutipan novel Azab dan Sengsara karya Merari Siregar berikut!

Aminuddin anak yang bijaksana, adat dan kelakuannya baik dan halus budi bahasanya. Oleh sebab itu, Mariamin pun amatlah suka bercampur dengan dia dan ia amat suka mendengar cerita-cerita Aminuddin yang diceritakannya, bila mereka itu tengah berjalan pulang atau pergi ke sekolah atau ketika mereka itu bersama-sama di sawah karena sawah orang tua mereka itu berwatasan. Aminuddin pun gemar juga mengajak angginya itu berkata kata karena amatlah setuju ia akan tertib dan budi anak gadis kecil itu. Mariamin pun menghormati dan menyayangi dia dengan sebenar-benarnya. Kalau hari hujan tiadalah ia membiarkan Aminuddin pulang ke rumahnya, la selalu berkata, "Singgahlah Angkang dahulu, menantikan hujan ini teduh, lagi nasi pun sudah sedia untuk kita karena Mak tahu juga, Angkang tak dapat pulang ke kampung dalam hujan begini."

“Ah, biarlah saya terus, hujan tiada berapa, kalau saya berhenti, tentu saya pulang sendiri; eloklah ramai-ramai dengan kawan-kawan," sahut Aminuddin. Akan tetapi, adiknya itu bukanlah anak yang mudah kalah bercakap. Dengan segera ia memegang tangan Aminuddin seraya berkata, "Ah, tak baik begitu, nanti Angkang sakit sebagai dahulu karena ditimpa hujan, Bukankah orangtua kita yang susah? Saya kawani nanti pulang kalau Angkang tak suka berjalan sendiri." Sudah tentu Aminuddin tak dapat menolak ajakan adiknya itu karena mamaknya sudah memanggil namanya dari dalam rumah.

20.  Disajikan teks penggalan novel, buatlah ringkasan yang tepat untuk kutipan novel tersebut!

 

                        KUNCI: E

Kebiasaan yang dilakukan Mariamin adalah meminta Aminuddin untuk singgah di rumahnya ketika hujan turun, tetapi Aminuddin akan menolak, baru ketika mamaknya yang meminta, ia mengiyakan, tak kuasa menolaknya.

ISIAN SINGKAT

Cermatilah kutipan novel Ayat-Ayat Cinta berikut!

Sebenarnya Fahri malas untuk berada di luar rumah dalam suasana panas begini, tapi ia sudah janji pada Syaikh Utsman akan datang, dan janji adalah utang yang harus dibayar dengan kedatangannya.

Pukul dua tepat ia sudah harus sampai, tidak boleh terlambat, karena Syaikh Utsman adalah orang yang sangat terkenal disiplin dan selalu datang tepat waktu.

Fahri adalah seorang mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di Universitas Al Azhar dan sedang menunggu pengumuman untuk menulis tesis masternya.Sebelumnya, ia telah menyelesaikan gelar Lc atau licence di universitas yang sama.

Sumber: Habiburrahman El-Shirazy dalam Ayat-Ayat Cinta

21.  Dalam kutipan novel tersebut, kalimat yang bergaris bawah merupakan kalimat ...

   KUNCI: Kalimat aktif intransitif

 

                  PILIHAN GANDA KOMPLEKS

 

Cermatilah kutipan novel Soraya, karya Srisa berikut!

“Pa, Papa. Apa tidak malu lho, mobil Papa itu paling jadul di antara mobil teman-teman guru SMA Ceria, mobil Pak Saidi, Pak Heri, Pak Samsul, dan lainnya?” protes Soraya.

Perempuan itu mengungkapkan keprihatinan,  dengan wajah yang sedih, seakan tidak ingin suaminya akan menjadi bahan omongan istri-istri teman guru. Roib pun menjawab dengan santai. 

“Sudahlah, Ma. Mobil Papa masih layak dan bisa menemani ke mana saja.” Lalu lanjutnya, “ Bukan perkara jelek atau bagusnya, lama atau barunya, tetapi sejarah mobil itu yang paling berharga dan itu bagi Papa sangat bernilai daripada mobil mewah apa pun.” …

22.  Pernyataan yang benar tentang jenis kalimat dalam novel ialah ...

(boleh memilih lebih sari satu jawabann)

A.    Perempuan itu mengungkapkan keprihatinan dengan wajah yang sedih, seakan tidak ingin suaminya akan menjadi bahan omongan istri-istri teman guru. à kalimat aktif

B.     Roib pun menjawab dengan santai. à kalimat aktif

C.     “Pa, Papa. Apa tidak malu lho, mobil Papa itu paling jadul di antara mobil teman-teman guru SMA Ceria, mobil Pak Saidi, Pak Heri, Pak Samsul, dan lainnya?” protes Soraya. à kalimat langsung

D.    Perempuan itu mengungkapkan keprihatinan dengan wajah yang sedih, seakan tidak ingin suaminya akan menjadi bahan omongan istri-istri teman guru. à kalimat aktif intransitif

E.     “Pa, Papa. Apa tidak malu lho, mobil Papa itu paling jadul di antara mobil teman-teman guru SMA Ceria, mobil Pak Saidi, Pak Heri, Pak Samsul, dan lainnya?” protes Soraya. à kalimat tak langsung

                  KUNCI :  A, B, C

 

                  ISIAN SINGKAT

 

Cermatilah kutipan cerpen Soraya, karya Srisa berikut!

“Pa, Papa. Apa tidak malu lho, mobil Papa itu paling jadul di antara mobil teman-teman guru SMA Ceria, mobil Pak Saidi, Pak Heri, Pak Samsul, dan lainnya?” protes Soraya.

Perempuan itu mengungkapkan keprihatinan dengan wajah yang sedih, seakan tidak ingin suaminya akan menjadi bahan omongan istri-istri teman guru. Roib pun menjawab dengan santai. 

“Sudahlah, Ma. Mobil Papa masih layak dan bisa menemani ke mana saja.” Lalu lanjutnya, “ Bukan perkara jelek atau bagusnya, lama atau barunya, tetapi sejarah mobil itu yang paling berharga dan itu bagi Papa sangat bernilai daripada mobil mewah apa pun.” …

 

23.              Disajikan kutipan novel, kalimat yang bergaris bawah tersebut merupakan kalimat ...

 

                  KUNCI :  kalimat majemuk bertingkat

 

 

PILIHAN GANDA

Cermatilah teks ilmiah berikut!

Peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menetapkan tujuan dan standar kompetensi pendidikan. Dalam kaitannya dengan pendidikan, kompetensi menunjukkan kepada perbuatan yang bersifat rasional untuk mencapai suatu tujuan yang sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Kompetensi (kemampuan) ini diperoleh melalui proses pendidikan atau latihan. Salah satu faktor yang paling menentukan berhasilnya proses belajar mengajar adalah guru. Seorang guru perlu memiliki kemampuan untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan di kalangan peserta didiknya sehingga dapat menggerakkan minat gairah serta semangat belajar mereka.

24.  Analisis klausa dalam kutipan teks ilmiah tersebut yang tepat  ialah …

A.    peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menetapkan tujuan (klausa 1)

peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menetapkan standar kompetensi pendidikan(klausa 2)

B.     kompetensi (kemampuan) ini diperoleh melalui proses pendidikan atau latihan (klausa 1)

kompetensi (kemampuan) ini diperoleh melalui proses latihan (klausa 2)

C.     salah satu faktor adalah guru (klausa atasan)

yang paling menentukan berhasilnya proses belajar mengajar adalah guru

D.    seorang guru perlu memiliki kemampuan untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan di kalangan peserta didiknya (klausa atasan)

sehingga dapat menggerakkan minat gairah serta semangat belajar mereka (klausa bawahan).

E.     dalam kaitannya dengan pendidikan (klausa bawahan)

kompetensi menunjukkan kepada perbuatan yang bersifat rasional (klausa atasan)

untuk mencapai suatu tujuan yang sesuai dengan kondisi yang diharapkan (klausa bawahan)

 

KUNCI: A

 

            ISIAN SINGKAT

 

Cermatilah teks ilmiah berikut!

Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui  proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah  dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan mengahasilkan pembelajaran yang maksimal.

Dalam proses pencapaiannya, prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan guru. Mengingat keberadaan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh maka sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan.

Prestasi belajar  tidak  dapat  dipisahkan  dari  kegiatan  belajar karena  belajar  merupakan  suatu  proses,  sedangkan  prestasi  belajar adalah  hasil  dari  proses  pembelajaran  tersebut.  Bagi  seorang  anak belajar  merupakan  suatu  kewajiban.  Berhasil  atau  tidaknya  seorang anak  dalam  pendidikan  tergantung  pada  proses  belajar  yang  dialami oleh anak tersebut.

  1. Dalam teks ilmiah tersebut, paragraf 3 kalimat 1 memiliki ...klausa.

KUNCI : 3 klausa

prestasi belajar  tidak  dapat  dipisahkan  dari  kegiatan  belajar (klausa 1)

karena  belajar  merupakan  suatu  proses,  (klausa 2)

sedangkan  prestasi  belajar adalah  hasil  dari  proses  pembelajaran  tersebut (klausa 3)

 

ISIAN SINGKAT

 

Cermatilah teks ilmiah berikut!

Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui  proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh seorang guru dari jumlah bidang studi yang telah  dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan mengahasilkan pembelajaran yang maksimal.

Dalam proses pencapaiannya, prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan guru. Mengingat keberadaan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh maka sudah semestinya kualitas guru harus diperhatikan.

Prestasi belajar  tidak  dapat  dipisahkan  dari  kegiatan  belajar karena  belajar  merupakan  suatu  proses,  sedangkan  prestasi  belajar adalah  hasil  dari  proses  pembelajaran  tersebut.  Bagi  seorang  anak belajar  merupakan  suatu  kewajiban.  Berhasil  atau  tidaknya  seorang anak  dalam  pendidikan  tergantung  pada  proses  belajar  yang  dialami oleh anak tersebut.

 

  1. Dalam teks ilmiah tersebut, paragraf 3 kalimat 1 merupakan kalimat …

majemuk campuran

 

PILIHAN GANDA

Cermatilah teks debat berikut!

Moderator

………….

Tim Afirmasi

Seperti yang kita ketahui bersama, di era yang serba digital ini, jarak dan waktu bukanlah sebuah halangan. Media sosial telah menjembatani perbedaan tersebut. Melalui media sosial, siswa dapat membangun komunitas belajar dengan mudah.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa tanpa khawatir akan perbedaan jarak dan waktu.

Tim Oposisi

Saya kurang setuju dengan pendapat tim afirmasi. Pada kenyataannya, siswa akan dengan mudah teralih pada hal yang lain selain belajar. Contohnya saja menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi secara pribadi alih-alih belajar.

Selain itu, media sosial akan melemahkan interaksi sosial para pelajar di dunia nyata. Mereka akan sibuk dengan gawai dan media sosial masing-masing, serta tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

Tim Afirmasi

Saya kurang setuju dengan pendapat tim oposisi yang menyatakan bahwa media sosial melemahkan interaksi sosial para pelajar di dunia nyata. Justru media sosial dapat membangun kepercayaan diri para pelajar yang mungkin tidak mereka miliki di dunia nyata.

Melalui media sosial, para pelajar tersebut bebas berargumentasi dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung pada media sosial. Hal tersebut tentu akan menambah kepercayaan diri mereka.

 

 

27.  Dalam teks debat tersebut, yang disampaikan oleh moderator ialah …

A.    Terima kasih atas kehadiran rekan-rekan pada siang ini. Hari ini, kita akan membahas pengaruh penggunaan media sosial di lingkungan sekolah. Grup A adalah tim yang mendukung penggunaan media sosial bagi pelajar dan grup B yang menolak hal tersebut.

 

  1. Saat ini Gadget sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan. Bagaimana pendapat kalian?
  2. Sinetron yang menjamur memang merupakan sebuah hal baik di industri perfilman dan merupakan bukti berkembangnya perfilman Indonesia. Namun anak-anak saat ini menjadikan sinetron sebagai cermin. Bagaimana tanggapan kalian
  3. Selain itu, media sosial juga dapat menimbulkan rasa candu. Para siswa akan merasa gelisah ketika tidak mengakses media sosial. Pada akhirnya, mereka akan sibuk dengan media sosial dan mulai lupa waktu, sehingga mereka melupakan tugas utama, yaitu belajar.
  4. Memang kecanduan terhadap media sosial dapat diatasi dengan penerapan aturan yang tegas. Akan tetapi, apakah Anda yakin aturan tersebut benar-benar akan berjalan sesuai harapan?

KUNCI: A

PILIHAN GANDA

Cermatilah data buku di bawah ini!
Judul buku             : Bung Karno Maestro Monte Carlo
Pengarang : Agus Setiyanto
Tempat dan tahun terbit buku : Yogyakarta 2006
Nama penerbit                   : Ombak
Nomor halaman yang dikutip : 87

  1. Penulisan catatan kaki(footnote) yang tepat untuk kutipan berdasarkan data di atas adalah
    A. Setiyanto, Agus. 2006. Bung Karno Maestro Monte Carlo. Yogyakarta: Ombak. him. 87.
    B. Agus Setiyanto, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Yogyakarta: Ombak, 2006), hlm.87.
    C. Agus Setiyanto, 2006, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Yogyakarta: Ombak), him. 87
    D. Setiyanto, Agus, Bung Karno Maestro Monte Carlo, Yogyakarta: Ombak, 2006. him. 87.
    E. Agus Setiyanto, Bung Karno Maestro Monte Carlo (Ombak: Yogyakarta, 2006), him. 87.

KUNCI: B

PILIHAN GANDA  

Cermatilah informasi berikut!

Nah, tentunya pentingnya sebuah topik sesuai pula dengan pengertian topik itu sendiri.

Berikut ini akan dijelaskan pengertian topik. Topik secara etimologis berasal dari bahasa Yunani yakni Topoi yang artinya tempat. Dengan demikian Topik bisa dikatakan hal yang sudah dibatasi tempatnya.

Topik berarti pokok pembicaraan atau pokok permasalahan. Sedangkan, kalau dikaitkan dengan karangan, maka topik karangan adalah sesuatu hal yang digarap menjadi karangan.

 

Berdasarkan hal tersebut, berikut terdapat topik-topik:
1. otonomi daerah
2. kearifan lokal
3. pengelolaan wisata

  1. Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan topik-topik makalah tersebut adalah ….
    A. Kearifan lokal akan meningkatkan kualitas otonomi daerah dan pengelola wisata.
    B. Pengelolaan pariwisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial.
    C. Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh.
    D. Pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan local, di antaranya dalam mengelola wisata.
    E. Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan pariwisata.

KUNCI:D

 

PILIHAN GANDA KOMPLEKS

Cermatilah kutipan novel berikut!

Aku terhenyak. Dokar tiba-tiba membelok, melewati pintu gerbang, melewati papan nama Boerderij Buitenzorg, langsung menuju ke tangga depan rumah. Aku bergidik. Darsam yang belum pernah aku lihat itu muncul dalam benakku. Hanya kumis, tak lain dari kumis, sekepal dan clurit*. Tak pernah ada cerita orang mendapat undangan dari istana angker-sangar ini. “Ke sini ?” Ia hanya mendengus. Seorang pemuda Indo-Eropa membuka pintu kaca, menuruni anak tangga, menyambut Suurhof. Nampaknya ia seumur denganku, la berwajah Eropa, berkulit Pribumi, jangkung, tegap, kukuh. “Hai, Rob!” “Oho, Rob!” sambut Suurhof.

  1. Kalimat verbal dalam kutipan cerpen tersebut ialah …

            (boleh memilih lebih dari satu jawaban)

  1. Dokar tiba-tiba membelok, melewati pintu gerbang, melewati papan nama Boerderij Buitenzorg, langsung menuju ke tangga depan rumah.
  2. Hanya kumis, tak lain dari kumis, sekepal dan clurit.
  3. Seorang pemuda Indo-Eropa membuka pintu kaca, menuruni anak tangga, menyambut Suurhof.
  4. Nampaknya ia seumur denganku, la berwajah Eropa, berkulit Pribumi, jangkung, tegap, kukuh.
  5. “Hai, Rob!” “Oho, Rob!” sambut Suurhof.

KUNCI: A, C


 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARYA ILMIAHKU: MAKALAH "BAPAK TULUS"

  MAKALAH BAHASA INDONESIA MENGEMBANGKAN APRESIASI PROSA BERTEMA KEHIDUPAN     Disusun oleh: Nama                               ...